Koreksi, perbaiki, lalu sempurnakan sesuai dengan kesanggupan \m/

Rabu, 02 Oktober 2013

cerita riya'

Tema : Riya’
Pesan : menghindari sifat Riya’ 
Tokoh :
Ibu Guru
Jono (Siswa I )
Almira (Siswa II )
Ibu kantin
Karakter Tokoh :
Ibu Guru: seorang pemimpin yang baik dan sabar terhadap anak murid yang nakal
Jono : sombong, jahil dan nakal
Almira : jujur dan bijak
Ibu kantin: ramah, penuh dengan canda
Alur  Cerita :
Di kantin, Jono dan Almira sedang memesan minuman....
Jono: bu, aku beli es orson dong satu aja, di plastikin ya! Jangan penuh-penuh, sedotannya dua!! Okeh bu..
Ibu kantin : sebentar ya Jon, ibu nuang air panas dulu ke termos.
Jono: jangan lama-lama bu, aku haus nih. Tuangin es orson dulu kenapa sih, pffttttt. . . . . . . .
Almira: jon, kamu cerewet amat, bu kantin kan tangannya cuma dua, sabar dikit dong
Jono: dih kok kamu yang marah sih Mir, aku kan aus. Huhh. . .
Almira: aku kan cuma ngasih tau, kok kamu sewot
*kemudian Bu kantin menuangkan es orson pesanan Jono
Ibu kantin: ini Jon es orsonnya, plus sedotan 2 dan ga penuh airnya J
Jono: nah gitu dong bu, nih uangnya 5 ribu, udah sisanya buat ibu aja. Tapi jangan lupa, bilang ke teman-teman, saya yang beli es orson 5 ribu.
Ibu kantin: makasih Jon, iya kalo inget nanti Ibu bilan deh ke temen kamu si Muklis dan si Jambrong
Almira: ihh Jon, kamu kok sombong betul, kalo mau ngasih uang lebih ke bu kantin ga usah ada embel-embel ga enaknya gitu dong, sombong tau kamu!! Iikkhhhh..
Jono: biarin, kan aku pingin di kenal orang banyak! fuhh
*Di Kelas
Ibu Guru: selamat siang anak-anak. Apakah kalian hari ini telah bersedekah senyum kepada orang lain?
Almira: siang bu, yaaa. Saya bu.
Jono: saya juga bu, malah saya senyumin orang gila juga bu. Plus saya tadi ngasih ibu kantin uang lebih loh, keren kan.
Siswa lainnya: huuu, sombong banget..
Almira: bener tuh, udah belinya ga sabar, banyak maunya, sok ngatur lagi
Bu guru: hmm jadi begitu ya.. Jono, kamu tidak boleh berbuat seperti itu, itu namanya Riya’, riya sama dengan pamer. Itu termasuk akhlah tercela. dan itu sangat di benci oleh Allah. kamu mengerti?
Jono: *tertegun sejenak.* iya maaf bu, saya mengerti dan berjanji lain kali tidak saya ulangi
Ibu guru: anak-anak, mari kita berikan apresiasi dengan tepuk tangan karena Jono telah berjiwa besar atas kesalahannya dan meminta maaf..
Prok-prok.. *semua siswa tepuk tangan
Ibu  guru: baik anak-anak, mari kita buka buku paket halaman 35, kalian baca, setelah itu buat kelompok dan di diskusikan ya. Karena Ibu mau pergi sebentar ke Bidan Aida, bu guru tuti baru melahirkan semalam lhoo.
Siswa: oke bu, hati-hati dijalan.  Mmuaaahhh :*


Selesai~

cerita riya' Rating: 4.5 Diposkan Oleh: HAWEA STORE

0 komentar:

Posting Komentar